Minggu, 11 Oktober 2015

Misteri Menyeramkan di Balik Lagu Nina Bobo


Assalamu'alaikum wr.wb

kali ini saya akan berbagi artikel dengan kalian semua  " MISTERI MENYERAMKAN DIBALIK LAGU NINA BOBO"

setelah saya searching di mbah google saya mendapatkan berbagai versi dikalangan blogger yang pertama:

1. VERSI HELENINA  
           
         versi yang pertama diawali dengan sebuah keluarga kecil yang memiliki sebuah anak yang bernama "HELENINA MUSTIKA VAN RODJNIK".Diceritakan bahwa Hele Nina sering mengalami susah tidur sejak bayi. Setiap hendak tidur, Hele Nina selalu menangis. Karena Hele Nina yang selalu menangis setiap akan tidur, ibunya yaitu Mustika pun menyanyikan senandung-senandung kecil sehingga Hele Nina pun merasa nyaman dan akhirnya bisa tertidur.Namun, lama kemudian Hele Nina sudah terbiasa dengan senandung-senandung yang dinyanyikan ibunya itu, bahkan Hele Nina tidak akan tidur jika tidak dinyanyika senandung-senandung tersebut oleh ibunya. Mengetahui kebiasaan tersebut, ayahnya yaitu Kapten Van Rodjnik meminta Mustika untuk membuatkan lirik dari senandung tersebut agar Hele Nina dan Van Rodjnik mengerti. Akhirnya dibuatkan lirik “Nina Bobo” yang seperti biasa kita dengar hingga saat ini.

            Pada tahun 1875, Hele Nina mengalami sakit parah. Bahkan karena sakitnya tersebut, Hele Nina menjadi kesulitan untuk tidur. Akhirnya setiap malam, ibunya selalu menyanyikan lagu “Nina Bobo” untuk Hele Nina agar bisa tertidur lelap. Hingga pada tahun 1878 atau tepat diusianya 6 tahun, Hele Nina pun meninggal akibat sakit yang dideritanya itu. Kedua orang tuanya pun merasa sedih dan tentu merasa terpukul dengan meninggalnya Hele Nina.
 
        Seminggu sejak Hele Nina meninggal, Kapten Van Rodjnik melihat Mustika tengah menyanyikan lagu “Nina Bobo” di kamar mandi. Ia mengatakan bahwa ia mendengar  Hele Nina sedang menangis di kamar mandi, sehingga ia pun berinisiatif untuk menyanyikan lagu “Nina Bobo” tersebut.
 
       Sejak kejadian tersebut, Mustika menjadi sering menyanyikan lagu “Nina Bobo” tersebut bahkan setiap malam ia juga menyanyikan lagu tersebut, hingga akhirnya ia meninggal dunia.

       Setelah kepergian Hele Nina dan Mustika, Kapten Van Rodjnik mengaku sering mendengar suara tangisan bayi yang sering terdengar pada malam hari. Namun Kapten Van Rodjnik tidak menghiraukannya. Hingga suatu malam saat Kapten Van Rodjnik tidur, ia terbangun karena terkejut mendapati tangan seorang anak kecil berumur 6 tahun membangunkannya dan sekaligus dengan suara tangisan. Anak kecil itupun berkata bahwa ia ingin dinyanyikan sebuah lagu pengantar tidur yang tentunya merupakan “Nina Bobo”.

        Pasca kejadian tersebut, Kapte Van Rodjnik sangat terganggu. Kemudian ia selalu menyanyikan lagu “Nina Bobo” setiap malamnya ketika hendak tidur.

          Konon katanya, ketika anda atau para orang tua lainnya menyanyikan lagu “Nina Bobo” , Nina akan datang ke kamar anak anda dan menjaganya agar tetap tertidur lelap hingga pagi harinya.


2. VERSI NINA MIJK
     Alkisa seorang gadis belia asal Belanda bernama Nina Van Mijk. Gadis yang berasal dari keluarga komposer musik klasik sederhana yang menetap di Nusantara untuk memulai hidup baru karena terlalu banyak saingan musisi di Belanda

    semuanya berawal dari suatu malam. badai, petir tak henti-hentinya saling bersahutan . Nina tiba2 berubah menjadi bukan dirinya terlihat diranjang tidur Nina melipat tubuhnya kebelakang persis dalam posisi kayang merayap mundur sambil menjerit - jerit dan sesekali mengumpat - ngumpat dengan bahasa Belanda. Rambutnya yang lurus pirang menjadi kusut tak keruan, kelopak matanya menghitam pekat. Itu bukan Nina, itu adalah jiwa jahat yang bersemayam ditubuh Nina. Nina kerasukan.

      Kembali lagi pada satu malam badai, namun aneh, kala itu terdengar Nina tidak lagi menjerit - jerit. Kamarnya begitu hening. Perasaa ibu Nina bercampur aduk antara bahagia dengan takut. Bahagia bila ternyata anaknya sudah sembuh, tetapi takut bila ternyata anaknya sudah....meninggal

       Ibu Nina mengintip dari sela - sela pintu kamar Nina, dan ternyata Nina sedang duduk tenang diatas ranjangnya. Tak berkata apa - apa tapi sejurus kemudian dia menangis sesengukan. Ibu Nina langsung masuk kedalam kamarnya dan memeluk Nina erat - erat dan melepas tali tambang yang melilit tangannya. Sambil menangis Ninameminta ibunya untuk menyanyikan lagu tidur.

     diiringi dengan nyanyian ibunya "nina bobo......oo..nina bobo....kalu tidak bobo digigit nyamuk" nina pun tertidur dan tidak terbangun lagi untuk selama-lamanya.

3.VERSI WIKIPEDIA
      yang terakhir dari wikipedia. yang mengatakan bahwa
Nina Bobo adalah sebuah lagu pengantar tidur dari Indonesia yang bercitrakan irama keroncong. Lagu ini juga dikenal di luar Indonesia, misalnya di Negeri Belanda. Lagu ini dipopulerkan oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort.

      Dalam Bahasa Indonesia, kata-kata yang digunakan untuk menidurkan dalam lagu ini adalah nina-bobo(k) atau nina bobo. Kata kerja seperti "meninabobokkan", yang juga berasal dari lagu ini, memiliki arti "menyanyikan lagu untuk menidurkan". Penggunaan kata tersebut spesifik hanya di Indonesia. Sementara itu, dalam Bahasa Melayu, "meninabobokkan" diterjemahkan menjadi dodoi.

         Kata "nina" seringkali dikira merupakan nama sebuah gadis. Kata tersebut sebenarnya berasal dari bahasa Portugis menina, yang meskipun juga memiliki arti gadis tetapi bukanlah sebuah nama. Namun, lagu ini dinyanyikan baik untuk anak pria maupun wanita tanpa membeda-bedakan.

           Beberapa kata Indonesia diserap dari bahasa Portugis; misalnya juga pada kata Nona. Semenjak abad ke-16, bangsa Belanda dan Portugis menuju ke India Timur dan meninggalkan jejak mereka dalam segi bahasa serta kultur budaya.

           Kata "bobok" atau "bobo" berasal dari bahasa China. Kata Indonesia yang baku adalah "tidur", sementara kata "bobok" lebih jarang digunakan dan umumnya hanya diterapkan pada anak-anak.

          Berdasarkan pada lirik lagu, seekor nyamuk akan menggigit si anak jika tidak segera tidur. Ada lelucon bahwa binatang lain selain nyamuk, yaitu toegezongene, yang akan menggigit.

begitulah beberapa mitos yang tersebar dikalangan masyarakat ada yang katanya jika anak2 dinyanyikan lagu "nina bobo" tidurnya akan di jaga oleh si nina. kalau menurut ane sih bacakan aja shalawat supaya dijaga malaikat disaat tidur. namun ambil aja sisi positifnya saja karena ini masih sebuah misteri ( kalau kata patrick ) , belum ada faktanya pasti, kan saya hanya ingin menambah wawasan para pembaca sekalian. bila ada salah kata atau typo basa gaulnya mohon dimaafkan.
saya MUHAMMAD FAUZAN
 
 wassalamu'alaikum wr.wb



        



0 komentar: